Johann Gutenberg (1400-1468)

    Johann Gutenberg dianggap sebagai penemu mesin cetak. Apa yang sebetulnya dia lakukan adalah mengembangkan metode pertama penggunaan huruf cetak yang bergerak dan mesin cetak dalam bentuk begitu rupa sehingga berbagai macam materi tulisan dapat dicetak dengan cepat dan tepat.

    Tak ada penemuan yang terlompat dari pemikiran seseorang, tidak juga mesin cetak. Segel dan bulatan segel yang pengerjaannya menganut prinsip serupa dengan cetak blok sudah dikenal di Cina berabad-abad sebelum Gutenberg lahir dan suatu bukti menunjukan bahwa di tahun 868 M sebuah buku cetakan sudah ditemukan orang di Cina. Proses serupa juga sudah dikenal orang do Eropa sebelum Gutenberg. Cetak blok memungkinkan mencetak banyak eksemplar buku tertentu. Proses ini mempunyai satu kelemahan : karena satu set baru serta komplit dari cukilan kayu atau logam harus dibuat untuk sebuah buku, dengan sendirinya tidaklah praktis untuk mencetak berbagai macam buku.
   Sumbangan terpenting Gutenberg adalah penemuannya huruf cetak yang bisa bergerak.Padahal hal serupa sudah ditemukan orang di Cina sekitar pertengahan abad ke 11 M oleh seorang bernama Pi Sheng. Huruf-huruf cetak aslinya terbuat dari semacam tanah yang tidak bisa tahan lama. Sementara itu beberapa orang Cina dan Korea sudah melakukan serentetan penyempurnaan dan berhasil sebelum Gutenberg. Tetapi, sumbangan pikiran Gutenberg secara keseluruhan lebih besar dari siapapun dalam hal penyempurnaan mesin cetak. Arti pentingnya terletak pada keberhasilannya menggabungkan semua unsur mesin cetak menjadi suatu sistem yang efektif dan produktif. Karena itu mesin cetak, berbeda dengan penemuan-penemuan lain sebelumnya.
    Gutenberg lahir di Jerman di kota Mainz sekitar tahun 1400 M. Sumbangannya terhadap seni cetak mencetak terjadi pada pertengahan abad dan hasil pekerjaannya ( apa yang disebut Injil Gutenberg ) dicetak di Mainz sekitar tahun 1454 M. Anehnya, nama Gutenberg tak pernah tercantum dalam buku manapun, tidak juga dalam Injil Gutenberg.
Gutenberg wafat tahun 1468 di kota Mainz.
    Salah satu pengaruh Gutenberg dalam sejarah dunia dapat mendatangkan keuntungan jika kita menghubungkan dengan perkembangan di Cina dan Eropa di masa-masa berikutnya. Pada saat Gutenberg lahir, kedua daerah itu hampir sama majunya. tetapi sesudah Gutenberg  menemukan mesin cetak Eropa melesat maju dengan cepatnya, sedangkan Cina (yang masih menggunakan cetak blok) perkembangannya agak lambat. Ini menunjukkan betapa penemuan Gutenberg sangat berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please do not spam